Fakta Menarik Tentang Cicak

Fakta Menarik Tentang Cicak

Cicak adalah reptil yang tidak mematikan dan berbahaya, belum banyak orang yang tau mengenai fakta menarik tentang cicak.

Fakta Menarik Tentang Cicak

  • Punya Alur Pararel di Kaki

Kunikan pertama yang ada pada hewan reptil ini adalah dimana mereka memiliki pararel pada kaki. Selaput pada bagian kaki juga membuat bisa melekat dengan permukaan tempatnya berpijak. Inilah yg membuat mereka bisa menempel pada dinding bangunan, dan bergerak secara bebas.

  • Kemampuan Autotami

Autotami adalah cara cicak melindungi dirinya sendiri saat merasa sedang terancam. Dalam kurun waktu 2 minggu ekor akan tumbuh lagi, namun memiliki batasan sebanyak 7 kali. Ekor yang di Autotami akan bergerak untuk mengalihkan perhatian lawannya.

  • Perenang Handa

Tidak banyak yang tahu, kalau ternyata cicak bisa berenang di permukaan air. Kelihatannya mereka hanya bisa hidup didarat saja ? Ya memang benar, tapi ketika mereka sedang berburu dimalam hari. Mereka akan mencari permukaan basah dimana akan terdapat banyak nyamuk dan hewan kecil untuk dimakan.

Jenis – Jenis Cicak

Fakta Menarik Tentang Cicak

Reptil cicak ini terbagi lagi menjadi 3 jenis, diantaranya adalah:

  • Cicak Tembok (Cosymbotus platyurus)

Tembok dirumah anda pada malam hari bahkan di siang hari pun tentunya sering dipenuhi dengan cicak. Mereka adalah tipe yang bertahan hidup secara aman di dalam rumah, dan hanya bergantung untuk makan dari nyamuk / kecoa kecil dalam rumah.

  • Cicak Kayu (Hemidactylus Frenatus)

Tubuh mereka sangat kurus dan bersembunyi pada bagian tersembunyi kayu / pepohonan. Ekornya berbentuk sangat aneh (agak bulat dan terdapat duri di bagian ujung). Mereka merupakan salah satu predator yang lumayan di takuti semua jenis hama tanaman.

  • Cicak Gula (Gehyra Mutilata)

Tubuh akan sangat kecila dan kepala lumayan besar, warna tubuh adalah kuning transparan berupa daging. Mereka hanya bisa bertahan hidup dari makanan yang mengandung manisan. Kamu pasti pernah menemukan cicak ada didalam gula, nasi, dan lain sebagainya. Mereka masuk kedalam sana karena sedang mencari makan dan memang akan menggangu stok makanan anda dirumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *