Hewan Mamalia Laut, Paus

Hewan Mamalia Laut, Paus

Banyak orang yang salah mengira kalau paus adalah jenis ikan, faktanya bukan. Paus adalah salah satu jenis laut yang hidup di dalam laut. Paus juga termasuk dalam kategori hewan terbesar di bumi saat ini.

Untuk mengenal lebih banyak seputar paus, berikut ini kami sudah merangkum beberapa fakta unik tentang paus. Tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita baca ulasannya dibawah ini!

Hewan Mamalia Laut, Paus

Baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Artikel yang memiliki informasi penting lainnya bisa Anda seperti: Mengenal Badak Jawa Yang Hampir Punah.

5 Fakta Menarik Tentang Paus

Fakta Menarik Tentang Paus

  • Mamalia

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, kalau paus bukanlah jenis ikan. Paus adalah mamalia yang bisa hidup di laut, dan bisa bertahan didalam air dalam jangka waktu yang sangat lama.

  • Hewan Purba

Beberapa penelitian merangkum dengan hasil otopsi yang sama, paus merupakan jenis hewan purba yang sudah berevolusi. Dari hewan daratan berkuku, seperti Mesonychid yaitu hewan seperti serigala yang tinggal di pesisir pantai. Berevolusi menjadi hewan laut sekitar 50 juta tahun yang lalu atau sejak jaman Eocene.

  • Hewan Terbesar Dunia

Paus merupakan hewan terbesar di dunia, dalam jenisnya paus biru (Balaenoptera musculus) adalah hewan terbesar di dunia. Ada tiga subspesies paus biru yaitu Balaenoptera musculus musculus di Atlantik Utara dan Pasifik Utara, B. m. intermedia di Samudera Selatan, dan B. m. brevicauda (juga disebut paus biru kerdil) di Samudeera Hindia dan Samudera Pasifik Selatan. B. m. indica yang hidup di Samudra Hindia mungkin merupakan subspesies lain.

  • Hewan Migrasi Terjauh

Bangsa paus juga dikenal dengan hewan yang bisa melakukan migrasi (berenang terjauh). Diperkirakan bangsa paus terbesar yaitu balaenoptera musculus bisa menempuh jarak dengan kecepatan rata-rata 8 km/jam dan jarak tempuh hariannya 120 km/jam.

  • Melahirkan dan Menyusui Anaknya

Enggak seperti ikan, mamalia satu ini bisa melahirkan dan menyusui anaknya. Paus akan melahirkan setelah 15 bulan mengandung.

Setelah lahir, anak-anak ini kemudian meminum susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu paus betina selama setahun.

Pada masa tersebut, induk betina mengajari anak-anaknya lokasi untuk mencari makan dan berkembang biak, serta cara untuk melindungi diri dari predator.